Layaknya seorang jenderal yang akan membawa pasukannya berangkat perang, kita semestinya tau medan peperangan yang akan kita tempuh, missal mencari informasi tentang sebebrapa besar pasukan musuh, seberapa kuat peralatan dan persenjatanya bahkan hingga kita tau dimana saja titik lemahnya.

Nah, kita adalah jenderal bagi blog kita. Ketika blog tersebut kita bikin dan kita ingin banyak orang mengunjnginya melalui Search Enggine maka secara tidak langsung kita telah mengajaknya berperang di dunia SEO. Berperang dengan blog lain yang bertema sama, ribuan bahkan ratusan juta blog dan website. Blog kita misalnya bicara soal demokrasi, maka kita mesti tau seberapa banyak dan kuat beberapa blog yang menggunakan kata demokrasi sebagai bidikan keywordnya di search engine. Setelah kita tahu baru kita menentukan langkah selanjutnya.

Untuk menganalisis, keyword kita bisa andalkan Google Keyword Tool External.

Untuk mengetahui tingkat persaingan dari keyword yang akan anda hadapi, kita tidak perlu tool aneh-aneh, cukup dengan Google. Masukkan kata kunci yang sudah anda dapat dari Google Keyword Tool External. Lalu amati, jumlah halaman yang muncul. Jika hasilnya lebih dari 1 juta halaman, berarti peluangnya lumayan. Semakin sedikit semakin bagus. Syukur kalau hanya berkisar 100 ribu – 200 ribu. Kalau bisa dapat di bawah dari seratus ribu halaman kompetisi, maka kita tidak perlu bekerja terlalu berat untuk mengoptimasi blog atau halaman anda untuk katakunci tersebut lebih ringan).

Persaingan yang akan kita hadapi akan menjadi luar bisa berat kalau lawan main kita memiliki brand besar, contohnya BMW, NOKIA, NIKE, COCA COLA dan sebagainya. []

1 Response to "Mencari tingkat persaingan keyword anda dengan Keyword Tool External"

  1. Unknown Said,

    Nice artikel. btw, Saya menggunakan Google keyword tool untuk setiap pencarian keyword pada postingan title blog (monthly searched). Tapi keyword yg sperti apa yg sainganya tidak terlalu berat yg bisa menempatkan blog kita di halaman 1 google? www.bloggerclick.com

     

Copyright 2009 - Blogging Experiences Designed by Gaganpreet Singh