Konspirasi 1

Diposting oleh Ahmad Jumaili On 21.48
Siapa Dibalik Terbunuhnya Malaka

Di masa revolusi nasional, Tan Malaka adalah sosok yang disegani. Soekarno menganggapnya sebagai guru revolusi. Hatta menyebutnya sebagai sosok yang tak mudah membungkukkan tulang punggungnya. Sebagian orang malah menyebutnya sebagai filosof Indonesia yang paling awal. Tetapi mengapa ia tewas dibunuh oleh bangsanya sendiri? Siapa yang berada di balik pembunuhannya?

Tan Malaka Dibunuh! Sebuah kisah sejarah yang ironis. Ditulis dengan gaya sastra sejarah. Buku ini mengurai tentang sosok, kiprah pergerakan, serta kematian Tan Malaka yang tragis di pinggir sungai Brantas pada Februari 1949.

Buku ini merekam dengan detil krisis politik yang terjadi pada kurun waktu 1945-1949. Sebuah kurun waktu di mana sesama kelompok revolusioner di negeri ini terlibat konflik politik dan perebutan kekuasaan yang berakhir dengan kematian dan pembunuhan. Revolusi telah memakan anaknya sendiri.

Buku-buku tentang masa revolusi membanjir setelah Orde Baru tumbang. Termasuk tentang Ibrahim gelar Datuk Tan Malaka (1897-1949). Sebagian pengarang buku tentang masa revolusi justru berasal dari kalangan yang generasi tuanya ikut mengganyang anggota PKI dan ormas pendukungnya.Generasi muda berontak terhadap pencucian otak yang dilakukan Orba terutama tentang partai komunis, termasuk sang penulis, Yunior Hafidh Hery ini.

Pertanyaan siapa yang membuang nafas Tan Malaka pada 19 Februari 1949 itu dibiarkan terjawab sendiri oleh pembaca di lembar akhir. Namun di ujung tulisannya, penulis mengajak keturunan Gubernur Mayor Jenderal Sungkono dan Kolonel Surachman untuk meresponi kronik tentang Tan Malaka.

RESOURCE: http://www.resistbook.or.id/index.php?page=resensi&id=155&lang=id



0 Response to "Konspirasi 1"

Copyright 2009 - Blogging Experiences Designed by Gaganpreet Singh